December 5, 2009

Google Public DNS, untuk browsing yang lebih cepat dan aman

Wah..wah..wah.. saat ini Google makin mendominasi dunia web dengan meluncurkan produk barunya, yaitu Google Public DNS. Apa itu Google Public DNS? Google Public DNS adalah layanan gratis dari Google yang bisa kamu gunakan untuk menggantikan alamat DNS (Domain Name System) yang sudah ada dari provider internet anda saat ini. Seperti kita tahu bahwa DNS adalah salah satu faktor yang bisa mempercepat atau memperlambat untuk membuka sebuah halaman di website dan disinilah layanan dari Google ini bisa membantu.

Mengapa menggunakan Google Public DNS? Dengan menggunakan Google Public DNS, kamu bisa :
1. Meningkatkan kecepatan browsing internet. Untuk penjelasan teknis silahkan klik di sini.
2. Meningkatkan keamanan dalam berinternet. Untuk penjelasan teknis silahkan klik di sini.

Lalu bagaimana caranya menggunakan layanan Google ini?

Untuk menggunakan layanan ini, anda cukup mengganti alamat DNS di komputer ke alamat DNS Google yaitu 8.8.8.8 dan 8.8.4.4.


Caranya cukup mudah kok (untuk pengguna Windows), yaitu masuk ke Control Panel >> Network Connection >> Pilih koneksi yang digunakan >> pilih TCP/IP >> Klik Properties kemudian pilih "Use The following DNS Server addresses" trus isi Preferred DNS dengan "8.8.8.8" dan Alternate DNS dengan 8.8.4.4 kemudian klik OK.

Harap diingat, bila anda menggunakan DNS lain, sebaiknya dicatat sebelum dihapus karena seandainya gagal, anda bisa mengembalikan DNS ke alamat yang lama.

1 comment:

You can leave your comment here |
Tulis komentar anda di sini